Selasa, 04 April 2017

Seberapa Aman Menggunakan Sistem Biometrik di Smartphone?

Smartphone kini menjadi salah satu perangkat utama yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Tak jarang, Anda menyimpan data-data pribadi di smartphone. Untuk itu dibutuhkan sistem keamanan yang canggih untuk melindungi data-data penting.
Beberapa produsen ponsel kini mulai mengaplikasikan sistem keamanan yang mengandalkan anggota tubuh sebagai standar keamanan. Metode ini lazim dikenal dengan sebutan biometrik.
Seperti dikutip dari Wired, biometrik berkaitan dengan teknologi yang melakukan dua tugas di sistem keamanan yakni mengidentifikasi dan autentikasi identitas seseorang. Pengidentifikasian dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh manusia yang menjadi ciri khas. Namun, apakah teknologi ini aman?
Dalam paparan yang dijelaskan oleh M2SYS, sistem keamanan biometrik hampir dipastikan akan sulit untuk ditiru. Sebab, pola sidik jari dan iris setiap orang berbeda-beda.
Selain itu, untuk masuk ke sebuah smartphone yang menggunakan biometrik, Anda harus hadir secara fisik. Hal ini menunjukkan Anda tidak dapat diwakili orang lain saat melakukan proses autentikasi.
Kendati demikian, teknologi biometrik yang semakin populer belakangan ini menimbulkan kekhawatiran dari sebagian orang. Ditakutkan, para peretas dapat menemukan teknologi yang mengelabui metode biometrik.
(kem) techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar