Selasa, 04 April 2017

Hindari Perang Paten, Google Kenalkan PAX

Tuntutan hukum paten di industri smartphonemenjadi suatu pola dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini karena perusahaan seperti Google, Apple, Samsung, LG, HTC, Nokia dan pemain utama lainnya berkelahi satu sama lain untuk supremasi.
Menanggapi hal itu, Google rupanya mencoba menghentikan perang paten itu dengan perjanjian cross-license yang ditanda-tangani oleh semua partner Android. Inisiatif ini disebut PAX yang berarti damai dalam bahasa Latin dan dibuat dengan bantuan Android OEM.
Di bawah PAX, perusahaan yang ikut akan mengabulkan setiap lisensi paten bebas royalti yang mencakup Android dan Google Application pada perangkta yang memenuhi syarat.
"Kami percaya PAX lebih lanjut akan memperluas keterbukaan Android bagi para anggotanya, mempromosikan perdamaian paten yang akan membebaskan waktu dan uang untuk anggota, yang kemudian bisa mendedikasikan sumber daya untuk menciptakan ide-ide baru," bunyi pernyataan Google seperti dikutip dari blog Google, Selasa (4/4/2017).
Google, Samsung, LG, Foxconn, HMD Global, HTC, Coolpad, BQ, dan Allview merupakan beberapa perusahaan yang telah menandatangani perjanjian dan tidak akan mengajukan tuntutan hukum terhadap satu sama lain ketika melanggar paten mengenai Android.
Menurut laporan Phone Arena, semua perusahaan tersebut memiliki total paten sebanyak 230.000 di seluruh dunia. Menurut Google, inisiatif PAX kemungkinan akan tumbuh karenga anggota baru menandatangani perjanjian, yang artinya peluang bahkan lebih sedikit Android OEM menuntut satu sama lain.
(din) techno.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar